PENYUSUNAN
KISI-KISI SOAL UASBN
PADA SEKOLAH DASAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jumlah Soal : 45 soal
a. Pilihan
Ganda : 40 soal
b. Uraian : 5 soal
No
|
Level
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk soal
|
Bobot
|
No. Soal
|
|
1
|
Pengetahuan dan pemahaman
|
Membaca Non Sastra
|
Disajikan
sebuah paragraf siswa dapat menentukan makna kata dengan tepat.
|
PG
|
1
|
1
|
|
Disajikan
sebuah paragraf siswa dapat menentukan sinonim kata dengan tepat
|
PG
|
1
|
2
|
||||
Membaca
sastra
|
Disajikan sebuah cerita siswa dapat menentukan
informasi dalam cerita tersebut dengan benar.
|
PG
|
1
|
3
|
|||
Disajikan
sebuah Syair siswa dapat menentukan makna kias dengan benar
|
PG
|
1
|
4
|
||||
Menulis
terbatas
|
Disajikan sebuah
kalimat rumpang bagian tengah siswa
dapat melengkapi kalimat dengan benar.
|
PG
|
1
|
5
|
|||
Disajikan sebuah
ilustrasi cerita siswa dapat menentukan peribahasa yang benar.
|
PG
|
1
|
6
|
||||
|
|
|
Disajikan sebuah
paragraf siswa dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan dengan
benar.
|
PG
|
1
|
7
|
|
Disajikan sebuah
kalimat siswa dapat menentukan kesalahan penggunaan tanda baca dengan tepat
|
PG
|
1
|
8
|
||||
2
|
Aplikasi
|
Membaca Non Sastra
|
Disajikan sebuah paragraf peserta
didik dapat menentukan ide pokok paragraf
dengan tepat.
|
PG
|
1
|
9
|
|
Disajikan sebuah
teks peserta didik dapat menemukan informasi yang tersirat pada teks dengan
tepat.
|
PG
|
1
|
10
|
||||
Disajikan satu teks bacaan peserta
didik dapat menentukan pernyataan yang
sesuai dengan isi teks dengan tepat.
|
PG
|
1
|
11
|
||||
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan jenis paragraf tersebut dengan
tepat
|
PG
|
1
|
12
|
||||
Membaca sastra
|
Disajikan sebuah teks
percakapan siswa dapat menyimpulkan isi teks dengan tepat
|
PG
|
1
|
13
|
|||
Disajikan sebuah
cerita siswa dapat menyimpulkan isi cerita tersebut dengan benar
|
PG
|
1
|
14
|
||||
|
Aplikasi
|
|
Disajikan sebuah
puisi siswa dapat menentukan amanat yang terkandung dalam puisi tersebut
dengan benar
|
PG
|
1
|
15
|
|
Disajikan sebuah
cerita siswa dapat menentukan tema cerita tersebut dengan benar
|
PG
|
1
|
16
|
||||
Menulis Terbatas
|
Disajikan sebuah petunjuk
rumpang siswa dapat melengkapi petunjuk tersebut dengan benar.
|
PG
|
1
|
17
|
|||
Disajikan sebuah
kutipan cerita siswa dapat melengkapi petunjuk tersebut dengan benar
|
PG
|
1
|
18
|
||||
Disajikan sebuah
kalimat iklan rumpang siswa dapat melengkapi kalimat tersebut dengan benar.
|
PG
|
1
|
19
|
||||
Disajikan sebuah
laporan rumpang siswa dapat melengkapi laporan tesebut dengan benar.
|
PG
|
1
|
20
|
||||
Menyunting
Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca
|
Disajikan sebuah
kalimat siswa dapat menggunakan huruf kapital dengan tepat.
|
PG
|
1
|
21
|
|||
Disajikan sebuah
kalimat siswa dapat menggunakan tanda baca dengan tepat.
|
PG
|
1
|
22
|
||||
Disajikan sebuah
kalimat siswa dapat menggunakan ejaan dengan tepat.
|
PG
|
1
|
23
|
||||
|
|
|
Disajikan sebuah
kalimat siswa dapat menggunakan tanda baca pada kalimat tersebut dengan
tepat.
|
PG
|
1
|
24
|
|
3
|
Penalaran
|
Membaca Non Sastra
|
Disajikan sebuah
teks bacaan siswa dapat memprediksi kejadian dengan tepat.
|
PG
|
1
|
25
|
|
Disajikan dua teks
bacaan siswa dapat menentukan persamaan kedua teks tersebut dengan benar.
|
PG
|
1
|
26
|
||||
Disajikan sebuah ilustrasi
cerita dan data dalam tabel siswa dapat melengkapi tabel tersebut dengan
tepat.
|
PG
|
1
|
27
|
||||
Disajikan sebuah
cerita fiksi siswa dapat memprediksi kejadian dengan tepat.
|
PG
|
1
|
28
|
||||
Membaca Sastra
|
Disajikan sebuah
kutipan cerita siswa dapat memprediksi kejadian dengan tepat.
|
PG
|
1
|
29
|
|||
Disajikan sebuah
kutipan cerita siswa dapat menemukan nilai moral kutipan cerita dengan tepat.
|
PG
|
1
|
30
|
||||
Disajikan sebuah
kutipan cerita siswa dapat menentukan keteladanan tokoh cerita dengan tepat.
|
PG
|
1
|
31
|
||||
|
Disajikan sebuah
cerita siswa dapat menentukan nilai moral yang terdapat pada cerita tersebut dengan
tepat.
|
PG
|
1
|
32
|
|||
|
Penalaran
|
Menulis Terbatas
|
Disajikan sebuah
kalimat siswa dapat memperbaiki
istilah pada kalimat tersebut dengan tepat.
|
PG
|
1
|
33
|
|
Disajikan sebuah
kalimat siswa dapat memperbaiki
penggunaan kesalahan istilah pada kalimat tersebut dengan tepat.
|
PG
|
1
|
34
|
||||
Disajikan sebuah
pengumuman siswa dapat memperbaiki
kalimat yang bercetak miring dengan tepat.
|
PG
|
1
|
35
|
||||
Disajikan sebuah
hasil laporan rumpang siswa dapat melengkapi laporan tersebut dengan benar.
|
PG
|
1
|
36
|
||||
Menyunting
Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca
|
Disajikan sebuah
kalimat, siswa dapat memperbaiki kesalahan penulisan ejaan pada kalimat tersebut dengan
benar
|
PG
|
1
|
37
|
|||
Disajikan deretan
kata siswa dapat memperbaiki penulisan ejaan pada deretan kata tersebut
dengan benar
|
PG
|
1
|
38
|
||||
Disajikan sebuah
kalimat, siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat
tersebut dengan tepat.
|
PG
|
1
|
39
|
||||
Disajikan sebuah
kalimat, siswa dapat melengkapi tanda baca kalimat tersebut dengan tepat.
|
PG
|
1
|
40
|
||||
1
|
Pengetahuan
dan Pemahaman
|
Membaca NonSastra
|
Disajikan sebuah paragraf Peserta
didik dapat menuntukan kalimat utama
dengan tepat
|
uraian
|
10
|
41
|
|
2
|
Aplikasi
|
Membaca NonSastra
|
Disajikan sebuah paragraf Peserta
didik dapat menentukan pernyataan yang
sesuai dengan isi teks dengan tepat.
|
uraian
|
20
|
42
|
|
Aplikasi
|
Membaca NonSastra
|
Disajikan teks drama Peserta didik
dapat menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) dengan tepat.
|
uraian
|
20
|
43
|
||
3
|
Penalaran
|
Menulis terbatas
|
Disajikan sebuah paragraf Peserta
didik dapat memperbaiki tata kalimat
dalam paragraf dengan tepat.
|
uraian
|
25
|
44
|
|
Penalaran
|
Menyunting kata/Istilah , frase, kalimat, paragraf,
ejaan, dan tanda baca
|
Disajikan teks bacaan Peserta didik
dapat memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca dengan
tepat.
|
uraian
|
25
|
45
|
Untuk lebih Lengkap Soal dapat di Download di Sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar