google-site-verification=W5vHGRPWynO0DT8bQJPHWYziauQJyFzHXnFrPqajzmI Sultan Hamid

Senin, 26 Oktober 2020

RENCANA TINDAKAN AKSI NYATA

MODUL 1.1.a.9 Calon Guru Penggerak


Judul Modul                 : Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi

Nama Peserta             : Sultan Hamid

A.     Latar belakang

Dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas masih ditemukan anak yang fasif , tidak bersemangat dalam belajar. Tentunya ini menjadi tugas guru untuk mengetahui penyebab  semangat belajar anak ini menurun. Setelah melakukan refleksi akhir pembelajaran diketahui bahwa anak kurang senang dengan metode yang digunakan  guru  dalam membawakan materi, anak cenderung bingung dan meengalami kesulitan memahami pesan yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan masalah tersebut guru mencari penyelesaian yang dapat mengatasi masalah belajar anak.  filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara bahwa pembelajaran itu harus menghamba pada anak, oleh karena itu pembelajaran dibangun harus berpihak pada anak. Dalam membuat perangkat pembelajaran dirancang sesuai dengan kesiapan belajar anak, gaya belajar anakdan minat bakat yang dimiliki oleh anak sehingga menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Sala satu wujud nyata dari filosofi menghamba pada anak adalahpendekatan diferensiasi. Diharapkan dengan menerapkan pendekatan diferensiasi dapat mengatasi masalah belajar anak.

B   B.  Tujuan
1.     Untuk melakukan asesem tentang kesiapan, minat, atau profil pembelajaran siswa
2. Merancang pembelajaran yang mempertimbangkan kesiapan, minat, atau profil pembelajaran siswa.
3.     Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.
C.     Tolak Ukur
1.     Siswa lebih bersemangat dalam belajar
2.     Siswa lebih aktif
3.     Pesan yang disampaikan oleh guru dapat diterima baik oleh siswa
4.     siswa dapat mengeksplorasi subset dari topik kelas yang menarik bagi mereka
5.     siswa dapat mengembangkan minat dan bakat
6.     siswa mampu berinovasi berdasarkan pengembangan bakat dan minatnya

D.    Linimasa pelaksanaan tindakan

Pelaksanaan tindakan implementasi pendekatan diferensiasi pada saat pra belajar, saat belajar dan pasca belajar. Kegiatan pra belajar pendekatan diferesiasi dilakukan pada saat merancang perangkat pembelajaran, yeng harus mempetimbangkan factor heterogen anak. Merancang pembelajaran   Pelajaran mencakup berpikir kritis dan kreatif bagi semua siswa, melibatkan dan menantang bagi semua siswa, Ada kesempatan dan pilihan belajar bagi semua siswa dan Ada keseimbangan antara tugas yang dipilih oleh siswa dengan tugas yang dibuat oleh guru dengan penyusunan kerja. Dalam proses belajar Mengatur kelas berdiferensiasi memerlukan keterampilan dan strategi yang kompleks. Ia juga memerlukan pemikiran yang fleksibel dan toleransi terhadap tingkatan aktivitas , perpindahan, dan kegaduhan/ keributan tingkat tinggi yang diakibatkan olehnya.

Begitu pula dengan pasca belajar yaitu pada saat melakukan penilaian hasil belajar, Penilaian dalam kelas berdiferensiasi bersifat tanpa henti dan merupakan bagian yang terpadu dengan pembelajaran. Langkah awal penilaian adalah mengumpulkan informasi diagnostik untuk mengembangkan profil belajar siswa dan untuk mengetahui apa saja yang diketahui oleh siswa serta apa saja yang dapat dilakukan oleh siswa terhadap materi tertentu. Langkah paling mudah untuk mengetahui minat dan kemampuan siswa adalah dengan cara bertanya dan mengamati siswa. Penemuan minat juga dapat dilakukan untuk mempelajari apa yang diketahui siswa dan apa yang dapat memotivasi mereka. Adapun untuk menentukan pilihan belajar siswa dapat dilakukan melalui diskusi, survey, atau penemuan.

E.     DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

Alat dan bahan yang dibutuhkan

1.     instrument asesemen tentang :
a.     Jenis kelamin
b.     Budaya
c.      Tingkatan kognitif
d.     Kemampuan
e.     Inteligensi
f.       Gaya belajar
g.     Bahasa, dan
h.     Minat
Instrument ini disusun bersama dengan teman sejawat
2. Media belajar  Laptop/ HP. Media belajar yang akan digunakan dapat disediakan oleh guru maupun dibawa langsung oleh siswa
3. Ruang bereksplorasi siswa. Ruang eksplorasi siswa ini bisa dibuat di dala kelas maupun ruang lain disekolah bahkan ditaman sekolah.

BAGAN RENCANA AKSI NYATA


Contoh Format Asesmen Pendekatan diferensiasi

Kelas   : VI

Topik/ Materi Globalisasi

A.     Pertanyaan yang berhubungan dengan ketertarikan

1.     Tema/Topik Pembelajaran: Apa yang ingin kamu ketahui tentang globalisasi

2.     Di bawah ini adalah beberapa hal yang akan kita pelajari di kesempatan ini. Apa yang ingin kamu pelajari tentang manfaat globalisasi . Dan pastikan bahwa satu diantara pilihan di bawah ini adalah yang sangat kamu sukai dan kamu bisa melingkari yang tidak kamu sukai.

a.     Mengetahui menfaat globalisasi

b.     Mencari informasi tentang manfaat globalisasi di lingkungan rumah

c.      Membedakan dampak positif dan dampak negative globalisasi

d.     Menjelaskan manfaat globalisasi melalui tulisan berupa karangan atau puisi

e.     Menjelaskan manfaat globalisasi melalui gambar

B.     Pertanyaan yang berhubungan dengan tingkat kesiapan

1.     Coba ceritakan mengenai kesiapan kalian belajar tema 4 subtema 2.

2.     Apa yang  harus kalian siapkan sebelum belajar !

3.     Berikan contoh perbedaan belajar secara online dengan belajar tatap muka di depan kelas!

4.     Pilihlah metode belajar yang kalian sukai

a.     Guru menerangkan materi

b.     berdiskusi secara berpasangan

c.      bekerja secara kelompok

d.     melakukan praktek

e.     belajar di luar kelas (mempelajari alam)

f.       Melakukan percobaan

C.    Pertanyaan yang berhubungan dengan Profil Belajar Siswa

Pilih Ya atau Tidak dalam pernyataan berikut ini: (dengan memberikan tanda checklist)

Pernyataan

Ya

Tidak

1.     Aku dapat belajar dengan baik jika suasananya tenang dan tidak berisik

2.     Aku bisa mengabaikan suasana yang berisik, suara orang yang berbicara di sekitarku disaat aku sedang belajar atau mengerjakan sesuatu tugas.

3.     Aku senang belajar dan mengerjakan tugas di meja dan kursiku

4.     Aku senang mengerjakan tugas sambil tiduran atau duduk di lantai

5.     Aku belajar keras demi untuk diriku sendiri

6.     Aku belajar demi untuk orangtuaku dan juga guruku.

7.     Aku akan mengerjakan tugas sampai semuanya selesai dan komplit

8.     Aku mudah frustasi dan menyerah jika tugaskun tidak selesai

9.     Ketika guru memberikan tugas kepadaku, aku akan mengerjakan yang mudah dulu

10.  Ketika guru memberikan tugas, aku akan mengerjakan berdasarkan urutan nomor

11.  Aku suka mengerjakan tugas sendiri

12.  Aku suka mengerjakan tugas dengan berkelompok

13.  Aku suka mengerjakan tugas tanpa ada batas waktu menyelesaikannya

14.  Aku suka mengerjakan sesuatu pada waktu-waktu tertentu

15.  Aku suka belajar dengan menggerak-gerakan tubuh

16.  Aku suka belajar sambil duduk di mejaku

17.  Aku suka membantu teman yang kesulitan belajar

18.  Aku harus di dampingi orangtua ketika belajar

19.  Aku senang belajar jarak jauh

20.  Aku senang belajar tatap muka di depan kelas

 

 

 

Bentuk Instrumen Asesmen Kesiapan belajar ( Diferesiasi ) Untuk Pembelajaran Online

Instrumen  Google Form



2 komentar:

  1. Boleh bapak tampilkan contoh salah satu instrumen yg digunakan tuk melakukan assesment.
    Contoh Media pembelajaranta belum nampak pak. Saran saja yah pak. Semangat pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terma Kasih masukannya. dan Instrumen sudah saya tampilkna pada tulisan diatas

      Hapus