RENCANA TINDAKAN AKSI NYATA
MODUL 1.1.a.9 Calon Guru Penggerak
Judul Modul : Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi
Nama Peserta : Sultan Hamid
A.
Latar
belakang
Dalam
melakukan pembelajaran di dalam kelas masih ditemukan anak yang fasif , tidak
bersemangat dalam belajar. Tentunya ini menjadi tugas guru untuk mengetahui penyebab
semangat belajar anak ini menurun.
Setelah melakukan refleksi akhir pembelajaran diketahui bahwa anak kurang
senang dengan metode yang digunakan guru dalam membawakan materi, anak cenderung
bingung dan meengalami kesulitan memahami pesan yang disampaikan oleh guru.
Berdasarkan masalah tersebut guru mencari penyelesaian yang dapat mengatasi
masalah belajar anak. filosofi pemikiran
Ki Hajar Dewantara bahwa pembelajaran itu harus menghamba pada anak, oleh karena
itu pembelajaran dibangun harus berpihak pada anak. Dalam membuat perangkat
pembelajaran dirancang sesuai dengan kesiapan belajar anak, gaya belajar
anakdan minat bakat yang dimiliki oleh anak sehingga menghasilkan pembelajaran
yang menyenangkan bagi anak. Sala satu wujud nyata dari filosofi menghamba pada
anak adalahpendekatan diferensiasi. Diharapkan dengan menerapkan pendekatan
diferensiasi dapat mengatasi masalah belajar anak.
C. Tolak Ukur
D.
Linimasa
pelaksanaan tindakan
Pelaksanaan
tindakan implementasi pendekatan diferensiasi pada saat pra belajar, saat
belajar dan pasca belajar. Kegiatan pra belajar pendekatan diferesiasi
dilakukan pada saat merancang perangkat pembelajaran, yeng harus
mempetimbangkan factor heterogen anak. Merancang pembelajaran Pelajaran mencakup berpikir kritis dan
kreatif bagi semua siswa, melibatkan dan menantang bagi semua siswa, Ada
kesempatan dan pilihan belajar bagi semua siswa dan Ada keseimbangan antara
tugas yang dipilih oleh siswa dengan tugas yang dibuat oleh guru dengan
penyusunan kerja. Dalam proses belajar Mengatur kelas berdiferensiasi
memerlukan keterampilan dan strategi yang kompleks. Ia juga memerlukan
pemikiran yang fleksibel dan toleransi terhadap tingkatan aktivitas , perpindahan,
dan kegaduhan/ keributan tingkat tinggi yang diakibatkan olehnya.
Begitu
pula dengan pasca belajar yaitu pada saat melakukan penilaian hasil belajar,
Penilaian dalam kelas berdiferensiasi bersifat tanpa henti dan merupakan bagian
yang terpadu dengan pembelajaran. Langkah awal penilaian adalah mengumpulkan
informasi diagnostik untuk mengembangkan profil belajar siswa
dan untuk mengetahui apa saja yang diketahui oleh siswa serta apa saja yang
dapat dilakukan oleh siswa terhadap materi tertentu. Langkah paling mudah untuk
mengetahui minat dan kemampuan siswa adalah dengan cara bertanya dan mengamati
siswa. Penemuan minat juga dapat dilakukan untuk mempelajari apa yang diketahui
siswa dan apa yang dapat memotivasi mereka. Adapun untuk menentukan pilihan belajar
siswa dapat dilakukan melalui diskusi, survey, atau penemuan.
E.
DUKUNGAN
YANG DIBUTUHKAN
Alat dan bahan yang
dibutuhkan
a. Jenis kelamin
b. Budaya
c. Tingkatan kognitif
d. Kemampuan
e. Inteligensi
f. Gaya belajar
g. Bahasa, dan
h. Minat
BAGAN RENCANA AKSI NYATA
Contoh Format Asesmen Pendekatan
diferensiasi
Kelas : VI
Topik/ Materi
Globalisasi
A.
Pertanyaan
yang berhubungan dengan ketertarikan
1.
Tema/Topik
Pembelajaran: Apa yang ingin kamu ketahui tentang globalisasi
2.
Di
bawah ini adalah beberapa hal yang akan kita pelajari di kesempatan ini. Apa
yang ingin kamu pelajari tentang manfaat globalisasi . Dan pastikan bahwa satu
diantara pilihan di bawah ini adalah yang sangat kamu sukai dan kamu bisa
melingkari yang tidak kamu sukai.
a.
Mengetahui
menfaat globalisasi
b.
Mencari
informasi tentang manfaat globalisasi di lingkungan rumah
c.
Membedakan
dampak positif dan dampak negative globalisasi
d.
Menjelaskan
manfaat globalisasi melalui tulisan berupa karangan atau puisi
e.
Menjelaskan
manfaat globalisasi melalui gambar
B.
Pertanyaan
yang berhubungan dengan tingkat kesiapan
1.
Coba
ceritakan mengenai kesiapan kalian belajar tema 4 subtema 2.
2.
Apa
yang harus kalian siapkan sebelum
belajar !
3.
Berikan
contoh perbedaan belajar secara online dengan belajar tatap muka di depan
kelas!
4.
Pilihlah
metode belajar yang kalian sukai
a.
Guru
menerangkan materi
b.
berdiskusi
secara berpasangan
c.
bekerja
secara kelompok
d.
melakukan
praktek
e.
belajar
di luar kelas (mempelajari alam)
f.
Melakukan
percobaan
C.
Pertanyaan
yang berhubungan dengan Profil Belajar Siswa
Pilih Ya atau
Tidak dalam pernyataan berikut ini: (dengan memberikan tanda checklist)
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1.
Aku
dapat belajar dengan baik jika suasananya tenang dan tidak berisik 2.
Aku
bisa mengabaikan suasana yang berisik, suara orang yang berbicara di
sekitarku disaat aku sedang belajar atau mengerjakan sesuatu tugas. 3.
Aku
senang belajar dan mengerjakan tugas di meja dan kursiku 4.
Aku
senang mengerjakan tugas sambil tiduran atau duduk di lantai 5.
Aku
belajar keras demi untuk diriku sendiri 6.
Aku
belajar demi untuk orangtuaku dan juga guruku. 7.
Aku
akan mengerjakan tugas sampai semuanya selesai dan komplit 8.
Aku
mudah frustasi dan menyerah jika tugaskun tidak selesai 9.
Ketika
guru memberikan tugas kepadaku, aku akan mengerjakan yang mudah dulu 10. Ketika guru memberikan tugas, aku
akan mengerjakan berdasarkan urutan nomor 11. Aku suka mengerjakan tugas sendiri 12. Aku suka mengerjakan tugas dengan
berkelompok 13. Aku suka mengerjakan tugas tanpa ada
batas waktu menyelesaikannya 14. Aku suka mengerjakan sesuatu pada
waktu-waktu tertentu 15. Aku suka belajar dengan
menggerak-gerakan tubuh 16. Aku suka belajar sambil duduk di
mejaku 17. Aku suka membantu teman yang
kesulitan belajar 18. Aku harus di dampingi orangtua
ketika belajar 19. Aku senang belajar jarak jauh 20. Aku senang belajar tatap muka di
depan kelas
|
|
|
Bentuk Instrumen Asesmen Kesiapan belajar ( Diferesiasi ) Untuk Pembelajaran Online
Boleh bapak tampilkan contoh salah satu instrumen yg digunakan tuk melakukan assesment.
BalasHapusContoh Media pembelajaranta belum nampak pak. Saran saja yah pak. Semangat pak.
Terma Kasih masukannya. dan Instrumen sudah saya tampilkna pada tulisan diatas
Hapus