google-site-verification=W5vHGRPWynO0DT8bQJPHWYziauQJyFzHXnFrPqajzmI Sultan Hamid

Selasa, 24 November 2020

 1.3.a.7. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Menerapkan Inkuiri Apresiatif




TUGAS INDIVIDU 5
Upacara bendera yang berpihak pada murid dan dinantikan oleh seluruh warga sekolah

PRAKARSA PERUBAHAN

Upacara bendera yang berpihak pada murid dan dinantikan oleh seluruh warga sekolah

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

Buat Pertanyaan (Define)

·       Praktik baik apa dapat anda temukan dari upacara bendera yang biasa dilakukan disekolah anda

·       Hal apa yang masih perlu diperbaiki dalam pelaksanaan upacara bendera di sekolah

·       Inovasi apa yang dilakukan dalam melaksanakan upacara bendera

 

·       Mengamati kegiatan pelaksanaan upacara bendera

·       Mencatat hal baik dalam pelaksanaan upacara bendera

·       Mencatat hal yang masih perlu perbaikan dalam upacara bendera

·       Mencatat dan mendesain inovasi perubahan yang dapat dilakukan

Ambil pelajaran

(Discover)

·       Siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan upacara bendera di sekolah anda

·       Bagaimana peran masing-masing pemangku kepentingan dalam pelaksanaan upacara bendera

·       Mengidentifikasi pihak yang terlibat dalam pelaksanaan upacara bendera  di sekolah

·       Mencatat masing-masing peran dari pemangku kepentingan dalam pelaksanaan upacara bendera.

Gali Mimpi

(Dream)

·       Bagaimana Mekanisme pelaksanan upacara bendera yang menyenangkan bagi anak dan berpihak pada anak

·       Apa kebiasaan yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan upacara

·       Mendesain bentuk pelaksanaan upacara dengan meningkatkan  hal yang sudah baik dan memperbaiki yang belum maksimal

·       Mencatat respon atas kebiasaan postif yang diterapkan dalam kegiatan upacara

Jabarkan Rencana

(Design)

·       Seperti apa keterlibatan pemangku kepentingan dalam melakukan perubahan

·       Bagaimana cara melakukan perubahan yang positif

·       Bagaiamana respon murid dengan perubahan yang ada

·       Melakukan kolaborasi dengan pemangku kepentingan dalam mendesain pelaksanaan upacara

 

Atur Eksekusi

(Deliver)

Kegiatan perubahan  apa yang dapat dilakukan dalam kegiatan upacara

 

Melaksanakan program perubahan yang telah disusun pada rencana perubahan dengan melibatkan pemangku kepentingan.

TUGAS INDIVIDU 6

Upacara Biasa

Upacara Vresi Baru

Hanya tim guru terlibat dalam melatih pelaksana upacara

Pelatih petugas upacara dibentuk dari siswa.

Tim penaikan bendera terdiri 3 orang

Tim penaikan bendera terdiri dari 8 -12 orang

Tim Paduan suara dilakukan secara manual

Lagu dibawakan oleh Tim drumband

Pembina Upacara adalah Kepala Sekolah

Pembina Upacara bendera digilir oleh guru

Tidak ada tim kesehatan

Tim Kesehatan dari Dokter kecil sekolah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar