google-site-verification=W5vHGRPWynO0DT8bQJPHWYziauQJyFzHXnFrPqajzmI Sultan Hamid

Senin, 30 November 2020

RANCANGAN AKSI NYATA

MODUL 1.3 

RANCANGAN TINDAKAN UNTUK AKSI NYATA MODUL 1.3

 

Judul Modul                 : Meningkatkan budaya literasi baca buku dalam PJJ dengan program satu hari satu buku

Nama Peserta             : Sultan Hamid

A.     Latar belakang

Membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi semua orang. Dengan membaca banyak diperoleh pelajaran tentang kehidupan. Keberhasilan kegiatan membaca itu merupakan harapan bagi guru maupun orang tua. Apalagi saat ini kita sedang menghadapi wabah virus Covid-19. Anjuran untuk  menjaga jarak sosial, dan belajar dari rumah dengan sistem pembelajaran online untuk para siswa, menjadi sebuah aktivitas yang membutuhkan adaptasi baru. Yang masih dirasakan sulit oleh para pelajar adalah adanya perubahan pola kegiatan belajar mengajar, dari tatap muka di kelas menjadi cara online. Baik melalui grup WhatsApp (WA) maupun aplikasi lainnya. Kegiatan ini bisa menyebabkan siswa stres. Stres berkepanjangan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh (imun). Hal itu sangat berbahaya karena Covid-19 rentan menyerang orang yang mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Namun, ada cara mudah untuk mengatasi stres ketika isolasi diri di rumah, salah satunya dengan membaca buku. Membaca buku dapat dipraktikkan semua golongan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Membaca buku tidak hanya menghilangkan kebosanan, akan tetapi mempunyai manfaat lain yang sangat baik.

 

B.     Tujuan

  1. Meningkatkan motivasi belajar anak melalui membaca buku.
  2. Menanamkan budaya literasi anak.
  3. Menghilangkan kejenuhan anak dalam masa PJJ.
  4. Menjalin Kolaborasi guru dengan pemangku kepentingan

C.     Tolak Ukur

1.     Siswa lebih aktif dalam masa PJJ

2.     Siswa tidak jenuh dengan kegiatan belajar jarak jauh

3.     Meningkatkan Minat baca anak

4.     Terjalin kolaborasi yang baik dengan pustakawan sekolah sebagai pemangku kepentingan

5.     Terjadi perubahan positif dalam system sekolah

D.    Linimasa pelaksanaan tindakan

Pelaksanaan kegiatan dilakukan berdasarkan pendekatan BAGJA

1.     Buat Pertanyaan

a.     Bagaimana mengatasi kejenuhan siswa dalam masa pembelajaran jarak jauh dengan program baca buku?

b.     Bagaimana dukungan pemangku kepentingan dalam program satu hari satu buku

2.     Ambil Pelajaran

a.     Siswa dapat memanfaatkan fasilitas buku yang memadai di perpustakaan sekolah

b.     Siswa dapat mengembangkan bakat dan minat melalui membaca buku

3.     Gali Mimpi

a.     Dengan membaca buku, siswa diharapkan dapat menumbuhkan potensi diri dalam menulis dan membuat karya yang dapat dijadikan sebagai kompetensi keterampilan.

b.     Dengan kegiatan membaca buku, siswa dapat mengisi waktu luang dalam masa belajar jarak jauh (PJJ)

c.      Fungsi Pemangku kepetingan dapat berjalan  dengan baik walau dalam masa PJJ

4.     Jabarkan Rencana

a.     Tahap awal koordinasi dengan Kepala Sekolah

b.     Tahapan pembuatan program dengan pustakawan

c.      Menyiapkan bahan bacaan dalam perpustakaan

d.     Menyiapkan daftar buku pinjaman

e.     Sosialisasi dengan orang tua siswa

5.     Atur Eksekusi

Kegiatan dilakukan setelah Penilaian Aakhir Semester 1. Setiap anak meminjam buku di perpustakaan untuk 3 hari. Setiap 3 hari kemudian anak menukarkan buku tersebut dengan buku yang baru. Guru membagi buku control pada setiap anak sebagai laporan.

E.     DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

Dukungan dari Pemangku Kepentingan

1.     Kepala sekolah

2.     Rekan Sejawat

3.     Pustakawan

4.     Orang tua siswa

Alat dan bahan yang dibutuhkan

1.     Buku pinjaman

2.     Buku Kontrol literasi setiap hari

BAGAN RANCANGAN AKSI NYATA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar