RANCANGAN AKSI NYATA
MODUL 1.3
RANCANGAN TINDAKAN UNTUK AKSI NYATA
MODUL 1.3
Judul Modul : Meningkatkan budaya literasi
baca buku dalam PJJ dengan program satu hari satu buku
Nama Peserta : Sultan Hamid
A.
Latar
belakang
Membaca
merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi semua orang. Dengan membaca
banyak diperoleh pelajaran tentang kehidupan. Keberhasilan kegiatan membaca itu
merupakan harapan bagi guru maupun orang tua. Apalagi
saat ini kita sedang menghadapi wabah virus Covid-19. Anjuran untuk
menjaga jarak sosial, dan belajar dari rumah dengan sistem pembelajaran online
untuk para siswa, menjadi sebuah aktivitas yang membutuhkan adaptasi baru. Yang
masih dirasakan sulit oleh para pelajar adalah adanya perubahan pola kegiatan
belajar mengajar, dari tatap muka di kelas menjadi cara online. Baik melalui
grup WhatsApp (WA) maupun aplikasi lainnya. Kegiatan ini bisa
menyebabkan siswa stres. Stres berkepanjangan bisa melemahkan sistem kekebalan
tubuh (imun). Hal itu sangat berbahaya karena Covid-19 rentan menyerang orang
yang mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah.
Namun, ada
cara mudah untuk mengatasi stres ketika isolasi diri di rumah, salah satunya
dengan membaca buku. Membaca buku dapat dipraktikkan semua golongan, dari
anak-anak hingga orang dewasa. Membaca buku tidak hanya menghilangkan
kebosanan, akan tetapi mempunyai manfaat lain yang sangat baik.
B.
Tujuan
- Meningkatkan
motivasi belajar anak melalui membaca buku.
- Menanamkan
budaya literasi anak.
- Menghilangkan
kejenuhan anak dalam masa PJJ.
- Menjalin Kolaborasi
guru dengan pemangku kepentingan
C.
Tolak Ukur
1. Siswa lebih aktif dalam masa PJJ
2. Siswa tidak jenuh dengan kegiatan
belajar jarak jauh
3. Meningkatkan Minat baca anak
4. Terjalin kolaborasi yang baik dengan
pustakawan sekolah sebagai pemangku kepentingan
5. Terjadi perubahan positif dalam system
sekolah
D.
Linimasa
pelaksanaan tindakan
Pelaksanaan
kegiatan dilakukan berdasarkan pendekatan BAGJA
1. Buat Pertanyaan
a.
Bagaimana
mengatasi kejenuhan siswa dalam masa pembelajaran jarak jauh dengan program
baca buku?
b.
Bagaimana
dukungan pemangku kepentingan dalam program satu hari satu buku
2. Ambil Pelajaran
a.
Siswa
dapat memanfaatkan fasilitas buku yang memadai di perpustakaan sekolah
b.
Siswa
dapat mengembangkan bakat dan minat melalui membaca buku
3. Gali Mimpi
a.
Dengan
membaca buku, siswa diharapkan dapat menumbuhkan potensi diri dalam menulis dan
membuat karya yang dapat dijadikan sebagai kompetensi keterampilan.
b.
Dengan
kegiatan membaca buku, siswa dapat mengisi waktu luang dalam masa belajar jarak
jauh (PJJ)
c.
Fungsi
Pemangku kepetingan dapat berjalan
dengan baik walau dalam masa PJJ
4. Jabarkan Rencana
a.
Tahap
awal koordinasi dengan Kepala Sekolah
b.
Tahapan
pembuatan program dengan pustakawan
c.
Menyiapkan
bahan bacaan dalam perpustakaan
d.
Menyiapkan
daftar buku pinjaman
e.
Sosialisasi
dengan orang tua siswa
5. Atur Eksekusi
Kegiatan dilakukan setelah Penilaian
Aakhir Semester 1. Setiap anak meminjam buku di perpustakaan untuk 3 hari. Setiap
3 hari kemudian anak menukarkan buku tersebut dengan buku yang baru. Guru membagi
buku control pada setiap anak sebagai laporan.
E.
DUKUNGAN
YANG DIBUTUHKAN
Dukungan
dari Pemangku Kepentingan
1. Kepala sekolah
2. Rekan Sejawat
3. Pustakawan
4. Orang tua siswa
Alat dan bahan yang
dibutuhkan
1.
Buku
pinjaman
2.
Buku
Kontrol literasi setiap hari
BAGAN RANCANGAN AKSI NYATA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar